SEMANGAT Pasti Bisa Kuliah!!!

rss

Sabtu, 20 Februari 2010

TIPS BELAJAR Part I

Kekuatan pikiran
1. Yang pertama niat, motivasi, dan kemauan.
Tanpa ini, semuanya sia sia. Kalo kita menjalankan sesuatu tanpa ini, kita akan malas malasan. Tetapkan target dalam diri sesuai dengan keadaan diri: “Gw mau dapet nilai bagus, gw mau bahagian orangtua, gw ngga boleh kalah ama cewe gw, gw bosen peringkat 10 dari belakang, dsb.”


2. Cintailah belajar.
Bagi mahasiswa, mungkin lebih sering menemukan subjek yang sesuai dengan kecintaannya karena kita kan milih jurusan sesuai dengan minat kita. Tapi buat pelajar SMP ato SMA, sering ketemu pelajaran memuakan dan buat muntah-muntah. Tanamkanlah bahwa pelajaran ini sangat berguna bagi kita di kemudian hari. Kata orang, ngga ada yang sia sia. Kita benci matematik, tapi kalo kita ngga belajar matematik, mungkin sekarang kita ngga akan bisa menghitung perkalian, pembagian dsb. Buat mahasiswa, mungkin dulu SMA ngga suka belajar bahasa Inggris, tapi ternyata berguna buat ujian masuk universitas. Jadi? Kesimpulannya, tuhan selalu memberi momen bagi kita untuk mengaplikasikan apa yang udah kita dapet, suatu hari nanti. Jadi, cintailah belajar.


Di sekolah
3. Kalo dari tadi kita bicarain kekuatan pikiran, sekarang kita bicarain fisik. Pilihlah kursi paling depan ketika kuliah.
Duduk di depan memberikan banyak keuntungan. Bagi siswa yang minder bicara di depan umum, perasaan minder bertanyanya lebih kecil daripada ketika dia duduk di belakang. Udah gitu, penjelasan dari dosen lebih jelas. Duduk di depan juga membuat kita tidak berani ngobrol dan ngga memperhatikan. Jangan takut jika dosen kasi pertanyaan. Kalo lu ngga bisa jawab, besok pastinya lu malu dan belajar lebih giat untuk selanjutnya mengangkat tangan jika ada dosen yang kasi pertanyaan. Bagi yang dosennya suka ujan lokal, waspadalah. Sedia payung kalo ngga mau kena muncratan jigong ama ludah. Gw soalnya pernah punya pengalaman, kena monrotan jigong ama ludah dosen muda yang antusias banget. Kapok deh, banjir muka gw.


4. Kalo ngga bisa duduk depan karena udah penuh, wokeh, cari tempat laen. Tapi, jangan duduk dengan teman sebangku yang bawel dan suka ngobrol.
Ini tipe tipe temen yang akan menghancurkan nilailu. Terus terang, gw udah belajar dari pengalaman, ni temen bikin rese. Suka ada kejadian justru kita yang dimarahin dosen karna ngga merhatiin, padahal yang ngobrol temen kita sebelah. Kalo dia masih mbandel, besok besok cari tempat duduk laen. Pokoknya jauhin orang-orang yang suka ngobrol. Bukannya persahabatan putus, tapi ngobrolnya sebelum ato abis kuliah aja.


5. Manfaatkan teknologi. Sekarang pan ude ade tu, plesdisk, mp3/mp4 player yang bisa ngerekam suara. Ya udah, setiap kuliah, direkam aja penjelasan dari dosen.
Salah besar kata orang, ketika kuliah kita harus mencatat!!! Dengan mencatat, yang jadi fokuslu adalah KATA KATA DOSEN, bukan penjelasannya. Jadi lu merhatiin dosen dari segi linguistik, bukannya comprehension. Ketika mendengar kuliah, yang kita perlukan adalah pemahaman dan konsentrasi. Dengan mencatat, yang kerja adalah tangan bukan otak. Otak cuman mengolah kata kata untuk ditulis bukannya untuk disimpan. Belum lagi kalo nyatet, kan kita suka ketinggalan karna suara dosen ga jelas…”Eh apaan tadi yang nomor 3?” akhirnya kita ketinggalan penjelasan dosen berikutnya karna repot tanya temen kiri kanan.

part II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar