SEMANGAT Pasti Bisa Kuliah!!!

rss

Sabtu, 20 Februari 2010

TIPS BELAJAR Part III

Di rumah
1. Nah, ketika di rumah, baru buat catetan.
Buat catatan berdasarkan rekaman dari dosen. Gw jamin, catetanlu lebih lengkap dari yang laen. Buatlah catetan dengan tulisan rapih dan teratur, supaya bisa diakses dengan mudah dan semangat di kemudian hari.


2. Setelah selesai nyantet, eh, nyatet, bacalah catetanlu dan pelajari.
Untuk hanya membaca dan memahami biasanya hanya perlu 15 menit sampe setengah jam kok. Ngga usah dihapal. Yang penting lu ngerti dan lu serap ke otak. Waktu yang bagus untuk melakukan ini semua adalah abis mandi dan makan malem. Otak tenang dan siap diisi. Kalo lu mau cek, sebenernya lu udah kuliah materi yang sama 3 kali: pas kuliah di kelas, pas mendengar rekaman untuk nyatet, dan pas baca abis nyatet. Ini sekalian melatih otaklu untuk meng-expand kapasitasnya untuk merekam materi. Ini juga bisa mencegah DODOLISASI, proses perubahan otak menjadi dodol.


3. Jika ini adalah kuliah yang ada seminggu sekali, ulangi membaca materi kuliah seminggu sebelumnya
Jadi ketika lu selesai membuat catatan dari rekaman, jangan baca dulu catatannya. Bacalah catatan materi minggu sebelumnya. Latih otaklu untuk menyerap materi secara teratur. Kalo lu baca langsung catetan yang baru lu buat, ntar materi jadi berantakan. Segarkanlah ingatan dengan membaca catetan dari minggu sebelumnya.


4. Olahraga.
Nah loh! Hubungannya? Olahraga adalah salah satu cara yang membuat kita ngga males. Dengan olahraga, kita terbiasa bergerak, dan katanya olahraga itu meningkatkan hormon yang menaikan mood dan semangat. Olahraga favorit gw adalah jogging. Pilihlah olahraga yang ngga terlalu berat dan efeknya lebih kerasa ke seluruh badan. Jangan pilih olahraga beladiri macem karate ato tinju dsb. Ntar yang ada masalah baru: gigi rontok ato idung patah. Hihihi.


5. Makanlah coklat.
Lho! Ini lagi! Ngga tau kenapa, dulu gw pernah dapet tips kalo coklat tuh membuat mood kita naek dan hepi. Biasanya gw makan coklat yang paling enak (bukan coklat ayam jago lho) seminggu sekali. Sehat kan? Dan efeknya, emang kerasa, gw jadi lebih hepi dan mood gw bagus terus.

part I
part II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar