SEMANGAT Pasti Bisa Kuliah!!!

rss

Sabtu, 20 Februari 2010

TIPS BELAJAR Part II

1. Jika kere dan punya penyakit kanker kronis (kantong kering) hingga ga punya rekorder, kita pake cara laen: pinjem catatan teman. Sebelumnya kita tulis juga pointer pointer singkat pas kuliah, bukan nyatet secara penuh…tapi inti dan garis besar aja.

2. Jika pelajarannya lebih cenderung kuliah tulisan daripada dosen ngomong, baru loe boleh nyatet.

3. Jika ada hal yang ngga dimengerti, jangan tanya ke tetangga sebelah, tanya langsung sama dosen.
Ngga usah malu bertanya. Orang Indonesia tidak membudayakan bertanya, makannya setiap ada orang nanya, pasti langsung diliatin satu kelas. Cuek bebek aje, anggap aja yang liatin monyet. Awal-awal mungkin lu agak grogi juga. Tapi yang ke tiga kali dan seterusnya, lu ngga akan minder lagi kalo mau nanya. Malahan dengan lu sering bertanya, lu akan jadi trend setter, lu akan membudayakan kebiasaan bertanya. Temen sekelas pasti akan ketularan, dan itu semakin membuatlu ngga minder karna toh yang laen juga pada nanya. Ketika bertanya, jangan blaguk dan sengak dengan menginterupsi dosen. Bertanya ada adatnya. Bertanyalah ketika dosen memberi kesempatan atau selesai memberi kuliah (akhir kuliah). Jika emang minderlu kronis dan susah diobatin, it’s ok. Di akhir kuliah, dekati dosen dan bertanyalah kepada dia. “Pak, maaf, saya masih belum jelas di sini.” Dengan bertanya pada dosen, lu akan dicap sebagai anak yang suka dengan pelajarannya, dia akan berpikir lu menghargai kuliahnya, dan kalo nilailu kurang, pasti dikatrol ama dia.


4. Dalam satu kelas, tentunya ada siswa yang bermacam-macam. Ada yang pinter, ada yang begok, tolol, dan tumor otak kronis (calon DO). Nah, ada kan orang pinternya di masing-masing pelajaran, buatlah peer group yang terdiri dari orang-orang itu.
Spoiler for perincian:
Orang yang begok? Yah ajakin aja untuk join, skalian biar bantu dia, tapi jangan telalu berharap, biasanya mereka apatis. Kelompok belajar, selain memperluas pertemanan, lu juga bisa tambah pinter. Kan sering kita mengalami di kelas, hanya dekat dengan kelompok anak-anak yang punya kesamaan dengan kita. Jarang ada yang mau berteman dengan kutu buku, nerd, kuper, dsb. Ngga usah takut untuk membuka pergaulan dengan teman sekelas yang ngga akrab akrab banget ama loe. Percaya ama gw, temenan ma orang males, lu bakal ketularan males; temenan ama yang rajin, lu bakal malu untuk ikut ngga rajin. Jadilah orang yang berinisiatif untuk membuat janji temu kelompok. Bisa lu yang atur waktu ketemunya di rumah siapa aja. Ganti-gantian. Ini akan mengasah kemampuan manajemen dan organisasi elu. Biar aja lu yang ngatur segalanya. Ketika temu kelompok, hal yang bisa dibahas adalah pencocokan catatan. Sering, catatan temen lebih lengkap ato sebaliknya. Jadi kita bisa saling melengkapi. Trus bisa juga dibahas hal yang ngga ngerti. Belajar kelompok (bukan kerjain tugas kelompok) yang efektif adalah kurang lebih 30-60 menit. Jangan terlalu lama, ntar pada bete. Abis itu bisa deh lu ngegosip, ngomongin dosen, ngobrol, tukeran koleksi bokep, nonton DVD, maen game/PS, di rumah temen tsb, ato makan-makan. Oh iya, dalam temu kelompok, bisa dibuat fun dengan gaya piknik. Setiap orang bisa dikasi tugas macem macem, ada yang disuru bawa kripik singkong, ada yang disuru bawa cemilan coklat, ada yang disuru bawa minuman sachet/coca-cola botol gede, ada yang disuru bawa DVD bajakan, dsb. Tuan rumah cukup kasih tempat. Nah seneng-senengnya tuh pas udah selese belajar. Manfaat dari peer group adalah menambah semangat belajar, menjalin silaturahmi, meningkatkan kemampuan sosialisasi, belajar berbagi, refreshing, dan mempererat pertemanan, dan masih banyak lagi. Lu sekarang ngga hanya punya temen maen basket, maen bola, ato maen game OL, tapi lu juga punya temen belajar!!! Temu kelompok setidaknya dilakukan dua minggu sekali/sebulan 2 kali. Jangan keseringan dan juga terlalu jarang. Coba aja! Percaya, belajar tuh bakal jadi hal yang fun dan bikin nagih.


5. Di kampus, jangan terlalu banyak ikut kegiatan organisasi.
Pilihlah yang sesuai minat dan ngga terlalu banyak menyita waktu. Jangan masuk ekskul ato organisasi karna takut dicap ngga gaul ato apa. Tinggalin perkataan orang katrok dan kampungan kayak gitu, mereka cuman orang udik dan norak. Dari pengalaman, anak anak yang ikut terlalu banyak organisasi pada begok begok dan nilainya ancur. Kenapa? Karena organisasinya terlalu banyak menuntut waktu mereka sehingga ngga ada waktu belajar karna di rumah udah keburu capek

part I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar